• SMP NEGERI 4 TARAKAN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Menuju Transformasi Pendidikan, Guru Didorong Miliki Kecakapan Digital

Memasuki masa transisi dari pembelajaran jarak jauh ke PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas, guru didorong memiliki kecakapan digital dalam menerapkan metode hybrid learning untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini. Proses beradaptasi dan mencapai cakap digital, bukan perkara mudah. Studi yang dilakukan Lenovo Indonesia, menunjukkan data 30 persen guru masih merasa kesulitan menyesuaikan dengan platform pembelajaran. Hal ini dapat berdampak pada interaksi antara guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Tantangan ini mengemuka dalam webinar “Menuju Transformasi Pendidikan Indonesia Melalui Kecakapan Digital” yang merupakan kerja kolaboratif antara Lenovo Indonesia, Google for Education, dan komunitas Semua Murid Semua Guru (SMSG) pada 15 Desember 2021. “Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak selama pandemi. Sebagai perusahaan teknologi dengan misi menghadirkan teknologi yang lebih cerdas untuk semua kalangan. Sektor ini menjadi fokus Lenovo di Indonesia," ungkap Budi Janto, General Manager Lenovo dalam pembukaan acara. "Oleh karenanya kami mencoba menjawab tantangan pendidikan saat ini dengan menyediakan solusi teknologi yang menyediakan ruang kelas kolaboratif sekaligus melindungi guru dan murid dari kejahatan siber akibat peningkatan penggunaan teknologi pada masa ini” tambahnya.

Selengkapnya Kunjungi sumber berita di:
https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/17/153830971/menuju-transformasi-pendidikan-guru-didorong-miliki-kecakapan-digital?page=2.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo